8 Agu 2009

Hukum Termodinamika

Hey kawan, Tahukah anda hukum termodinamikan ada tiga?, Jika ya, coba sebutkan hukum termodinamika ke III. Walaupun Hukum thermodinamika ada 3 tapi tak ada yang tahu bunyi hukum ke III nya, karena hukum III nya memang tak ada atau belum ditemukan. Tapi bukankah hukum termodinamuka ada tiga?. Memang, tapi penomoran hukum termodinamika dimulai dari nol. Dan semua ini hanya akal-akal para ahli thermodinamika belaka.

Hal ini dimulai saat mereka mengetahui tentang kekalan energi, lalu mereka dengan santainya menamakannya hukum termodinamika Ke I. Setelah itu isenge-iseng meraka juga mengamati tentang entrophi, dan meraka dengan bangga membuatnya menjadi hukum termodinamika ke II. Namun setelah itu mereka malah menemukan prinsip dasar dari suhu benda, yang mengharuskan meraka membuatnya menjadi hukum lain dari termodinamika, tapi masalahnya hukum ketiga ini terlihat lebih dasar dari hukum ke I dan Ke II, maka dijadikanlah hukum yang terlambat ditemukan ini menjadi hukum ke nol Thermodinamika. Dan jadilah hukum termodinamikan seperti yang diramalkan orah hukum keduanya, semakin lama menjadi semakin kacau. Dan pada memang kenyataannya tidak ada aturan baku yang mengharuskan hukum dimulai dari I.

Dan mungkin saja suatu hari nanti ditemukan hukum yang nalarnya lawat hukum ke nol tapi tidak ada kaitannya dengan kukum Ke I dan II, dan meraka akan menemakannya hukum thermodinamika ke ½, menyenangkan bukan?

1 komentar:

Dreamer Holic mengatakan...

yaah, kembaLi Lagi seperti hukum terbaru versi ab tentang atom..
Ternyata penomoran hukum juga bisa dibuat sesuka hati.. :D